RSS

BeLaJar yUk

25 Sep

Belajar Asyik????
Yah pasti bisa donk! Udah jadi kebutuhan bagi semua orang (bukan hanya pelajar aja!). Tapi, apa kalian tahu, kalau tipe cara belajar masing-masing orang itu berbeda-beda. Dari buku yang pernah saya baca, bahwa tiap orang memiliki karakter berbeda dari proses belajar. Jadi, coba simak dulu tipe belajar orang menurut DePorter dan Hernacki adalah:

Karakteristik perilau cara belajar auditorial. Ini ditandai ciri-ciri perilaku: belajarya mesti di tempat yang tenang sebab ia mudah terganggu oleh keributan, lebih senang mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan daripada apa yang dilihat, jika membaca lebih senang membaca denagn suarea keras, berbicara fasih, berdiskusi dan menjelaskan sedetail-detailnya dan panjang deh.
Karakteristik cara belajar kinestetik, ditandai ciri-ciri perilaku: kalau lagi ngobrol maunya dekat-dekat, belajar sambil praktek langsung atau memahami dan mengingat sesuatu dengan cara berjalan atau melihat langsung, menggunakan jari untuk menunjuk kata yang dibaca ketika membaca, banyak menggunakan bahasa tubuh, tidaka dapat duduk diam di suatu tempat, syulit membaca peta, menyukai kegiatan yang menyibukkan.
Karakteristik belajar visual. Ditandai dengan ciri-ciri berdasarkan asosiasi visual, memiliki kemampuan mengeja huruf dengan sangat baik, belajar dimana aja ngak kenal yang namanya keributan atau suara berisik ketika sedang belajar, kutu buku, lebih suka membaca daripada dibacakan, maunya dijelaskan sejelas-jelasnya apa yang sedabg dibahas, lebih suka mendemonstrasikan sesuatu daripada mengatakanya didepan orang.
Nah, sudah jelas bukan??? Ehm, kamu tipe belajar yang bagaimana? Mungkin kamu memiliki tipe belajar lebih dari satu karakter?? Ah, itu tidak apa-apa. Yang penting kamu sudah tahu tipe belajar kamu bagaimana.

Karena kalian sudah tahu, ttioe kalian belajar seperti apa?! Coba baca lagi tips berikut ini.
Dalam belajat ada baiknya jika kalian,

Niat, dimana-mana kalau kita emang udah niat mau belajar pasti hasilnya lebih memuaskan.
Planning, coba yah tuk segala sesutu itu lebih teratur dengan adanya perencanaan. Agar waktu belajar kamu tidak pernah terganggu.
Rajin membaca, menulis, mendengar dan menjelaskan. Coba saja deh, pasti hasilnya lebih lagi.. Karena dengan membaca dapat menambah pengetahuanmu, dengan menulis dapat mengatur kerja otakmu agar lebih terstruktur, dengan mendengar kamu dapat memilah dan menyeimbangkan mata dan telingamu. Sudah itu, bila sudah bisa ketiganya, coba jelaskan apa yang kamu elajari kepada orang. Disamping hasil beljae kamu lebih memuaskan, kamu juga senag khan bisa mengajar orang lain?!
Kejar ilmu bukan nilai. Kata guru bahas Inggris saya, sebenarnya ketika kalian ujian sebaiknya usahalah untuk mengerti. Bukan mencari-cari nilai yang tinggi. Buat apa bangga dengan hasil orang lain? dikemudian hari pasti kita bakal nyesel cuma cari-cari nilai aja kita sekolah.

 
Leave a comment

Posted by on September 25, 2009 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: