RSS

manfaat obat herbal

29 Sep

herbalObat herbal tradisional me­miliki keunggulan yang lebih da­ripada obat biasa, karena me­miliki kemampuan untuk dalam memperbaiki aktivitas biomo­le­kuler tubuh. Kemampuan ini ada karena tanaman obat tradi­si­onal dapat melakukan biosin­tesis kombinasi dari senyawa metabolit sekundernya.
Obat herbal tradisional dapat meingkatkan dan memperbaiki ekspresi gen dalam tubuh. Saat ekspresi gen meningkat dan menjadi lebih baik, hormon dan sistem imun tubuh akan bekerja lebih optimal
Zaman sekarang muncul fenomena di masyarakat banyak yang kembali memakai obat – obatan alamiah/herbal yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, karena obat – obatan kimia terbukti mengakibatkan efek samping/negatif yang berbahaya bagi tubuh manusia dan hanya memperbaiki beberapa fungsi sistem tubuh. Sedangkan obat herbal tradi­sional memiliki kemampuan memperbaiki keseluruhan sis­tem, karena bekerja dalam ling­kup sel dan molekuler.

Habbatussauda merupakan salah satu obat alami/herbal yang berasal dari tanaman Black Cumin seed(nigella sativa), dan telah lama dipakai untuk pengobatan sejak zaman Nabi Muhammad SAW, sesuai kutipan dari kitab ash-shahihain : dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw,bersabda : “Gunakanlah Habbatussauda karena di dalamnya terdapat obat dari segala macam penyakit kecuali as-Sam(maut)”(terjemahan hadits shahihain riwayat bukhari,muslim)
Habbat‘s adalah obat yg terbuat dari habbatussauda murni tanpa campuran apapun, dan produk ini sudah terdaftar di Dinkes POM jadi tidak perlu ragu-ragu lagi untuk mengkonsumsinya…
Habbatussauda/Habbat’s mengandung fixed oils,saporins,volatile,alkalcids,amino acids,calcium,iron,sodium,potassium dan erude fibre.Khasiatnya sebagai obat rematik, pencernaan,sesak nafas/asma,jerawat,bau mulut,penyembuhan kanker, meningkatkan daya tahan tubuh,menurunkan kadar gula darah,darah tinggi,memperlancar saluran kemih.

Kehebatan obat herbal tra­disional bukan tanpa kendala. Regulasi pemerintah mengenai obat herbal tradisional, hingga kini masih belum ada. Selain itu, sosialisasi kepada ma­sya­rakat mengenai penggunaan obat jenis belum merata. Ini terjadi karena seba­gian besar dokter di Indonesia masih meng­gunakan obat yang terbuat dari bahan kimia dan cenderung menyepelekan obat herbal tra­disional, seperti jamu. Belum lagi ketidakpercayaan in­dustri obat dan pasien terha­dap obat herbal tradisional, ka­rena tidak adanya uji coba klinik.

Ini tentunya harus segera diatasi. Apalagi, Indonesia punya segudang potensi untuk menjadi raja di industri farmasi dan obat-obatan herbal.

 
Leave a comment

Posted by on September 29, 2009 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: